Lompat ke konten
Home » UEFA Resmi Meluncurkan Logo Euro 2024

UEFA Resmi Meluncurkan Logo Euro 2024

  • oleh
W88 Euro 2024

Asosiasi sepakbola Eropa, UEFA, baru-baru ini resmi meluncurkan logo Euro 2024. Di tengah semarak lampu di Olympiastadion di Berlin, Jerman, pihak asosiasi tersebut juga secara resmi meluncurkan slogan kompetisi akbar sepakbola Eropa tersebut. Dengan slogan, ‘Disatukan oleh Sepakbola. Vereint im Herzen Europas’, perhelatan Euro 2024 mendatang rencananya akan diselenggarakan di 10 kota tuan rumah.

Gabung di W88 Sekarang

Peluncuran Logo Resmi Euro 2024

Logo perhelatan Euro 2024 resmi diresmikan oleh pihak UEFA baru-baru ini di Olympiastadion di kota Berlin. Turnamen akbar sepakbola Eropa ini rencananya akan dihelat di 10 kota tuan rumah di Jerman dalam rentang waktu 3 tahun mendatang.

Berdasarkan keterangan pihak FIFA, logo turnamen tersebut mengambil inspirasi dari bendera 55 asosiasi sepakbola anggota UEFA. Warna-warna tersebut kemudian disusun sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk atap Stadion Olympiastadion. Piala legendaris Henry Delaunay kemudian ditempatkan di bagian tengah logo. Sementara 24 potongan warna ditempatkan mengitari trofi tersebut, melambangkan 24 timnas partisipan perhelatan sepakbola tersebut.

Seperti yang diberitakan W88, logo ini mempromosikan ajang Euro sebagai sebuah kegiatan yang membuat seluruh pihak merasa diterima serta merayakan keberagaman. Sepakbola adalah sebuah tempat bagi semua orang untuk merasa nyaman seperti dir umah sendiri. Oleh karena itu, logo kali ini dirancang dengan harapan mampu menjadikan Jerman layaknya tuan rumah dengan harapan tersebut dalam kaitannya dengan perhelatan Euro 2024.

Logo Euro 2024: Sebuah Karya Kolaborasi

Logo kali ini lahir sebagai hasi kolaborasi dari berbagai pihak. DFB, UEFA, dan 10 kota tuan rumah penyelenggara berada di balik lahirnya logo ini. Proses pembuatan logo sendiri resmi dimulai sejak September 2018 silam ketika Jerman secara resmi diumumkan sebagai negara penyelenggara ajang Euro tersebut. Sementara untuk urusan perancangan danf pengembangan logo, pihak VMLY&R Brandign dari Portugal diberikan amanat untuk melaksanakan tugas ini.

Slogan ‘Disatukan oleh Sepakbola. Vereint im Herzen Europas’ diharapkan mampu memperkuat pesan persatuan, kebersamaan, dan inkluasi dari ajang ini. Logan ini menyampaikan pesan yang sama seperti yang menjadi pesan inti dari proses pengudndian tuan rumah bersamaan dengan kota tuan rumah. Tak hanya itu, kesepuluh tuan rumah juga menyuguhkan tempat-tempat terkenal dari masing-masing wilayah mereka di masing-masing logo kota. Adapun kesepuluh tuan rumah yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Stuttgart
  2. Munich
  3. Leipzig
  4. Hamburg
  5. Gelsenkirchen
  6. Frankfurt
  7. Dusseldorf
  8. Dortmund
  9. Cologne
  10. Berlin

Bersiap Menyambut Perhelatan Akbar

Proses peluncuran logo Euro 2024 tersebut dihadiri oleh Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, Presiden Interim Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB), Rainer Koch, Direktur Turnamen UEFA Euro 2024, Philipp Lahm, sereta Walikota Berlin, Stuttgart, Gelsenkirchen, Dusseldorf, Dortmund, perwakilan dari kota-kota tuan rumah lainnya, perwakilan pemerintah federal Jerman, serta para tamu undangan lain.

Dalam pernyataannya, Presiden EUFA, Aleksander Ceferin, berujar bahwa pihaknya begitu bersyukur menyaksikan munculnya logo UEFA Euro 2024 di Olympiastadion. Saat ini akan emnandai dimulainya identitas kompetisi yang menunjukkan ambisi seluruh pihak untuk bisa bersama-sama dengan asosiasi sepakbola Jerman dan para kota tuan rumah penyelenggara. Logi ini menekankan semangat Euro sebagai ajang kebersamaan. Selama 1 bulan perhelatan tersebut diselenggarakan, seluruh kalangan akan disatukan oleh sepakbola di jantungan benua Eropa.

Sementara itu, Direktur turnamen UEFA Euro 2024, Philipp Lahm, berujar bahwa ajang Euro mendatang akan menjadi perhelatan olahraga bersama. Oleh karena itu, pihak panitia berharap akan kehadiran para penggemar dari seantero benua Eropa dan bahkan dunia ke Jerman pada musim panas 2024 mendatang. Kehadiran seluruh pihak akan menjadi kesmepatan sempurna untuk merayakan pesta sepakbola tersebut bersama-sama.

Sementara itu, menurut informasi terakhir, perhelatan Euro 2024 akan mengambil tempat di 10 kota tuan rumah di Jerman. Acara ini akan diselenggarakan pada bulan Juni hingga Juli 2024, dengan tanggal ditentuan kemudian. Adapun jadwal lengkap penyelenggaraan kompetisi kemungkinan besar baru akan ditetapkan pada awal tahun 2022 mendatang.