Lompat ke konten
Home » Penonton Euro 2020 di Roma Dipastikan Bisa Hadir

Penonton Euro 2020 di Roma Dipastikan Bisa Hadir

  • oleh
euro 2020 di roma W88

Laga pembuka Euro 2020 direncanakan diselenggarakan di harapan setidaknya 17.500 penonton. Langkah ini diambmil setelah pemerintah Italia menyetujui rencana yang memungkinkan para penggemar untuk menghadiri laga di Stadio Olimpico di kota Roma. Laga Euro 2020 di Roma ini sekaligus menjadi gerbang dibukanya kesempatan bagi pemain untuk hadir di laga-laga Euro 2020 mendatang.

UEFA sendiri sejauh ini memang tengah memastikan kepastian dari 12 kota penyelenggara ajang Euro 2020 kali ini. Setelah mengalami penundaan selama kurang lebih 1 tahun karena pandemi Covid-19, kepastian akan hadir tidaknya para penonton menjadi bagian penting dari penyelenggaran turnamen ini pada tahun ini.

Kepastian penonton Euro 2020 di Roma sendiri menjadikan Roma sebagai kota tuan rumah ke-9 yang memberikan kepastian ini. Meski demikian, kebijakan yang sama juga menegaskan bahwa para penonton yang berasal dari luar kota tidak diizinkan untuk menyaksikan laga yang akan dihelat pada kota tersebut.

Apa yang Terjadi di Euro 2020 di Roma?

UEFA baru-baru ini mengumumkan bahwa Roma menjadi salah satu kota penyelenggara yang diberikan waktu hingga 20 April 2021 untuk memberikan kepastian terkait kebijakan penonton. Hal ini terkait masih adanya keraguan akan diizinkannya para penonton hadir pada laga Euro 2020.

Empat laga, termasuk laga pembuka antara Italia dan Turki pada 11 Juni 2021 nanti, sendiri direncanakan akan diselenggarakan di Roma. Menanggapi hal ini, Gabriele Gravina, presiden Asosiasi Sepakbola Italia mengatakan bahwa persetujuan yang dibeirkan oleh pemerintah setempat merupakan kabar baik bagi perhelatan ajang ini. Keputusan ini pun segera disampaikan ke pihak UEFA untuk memastikan bahwa kehadiran penonton Euro 2020 di Roma telah dapat dipastikan.

Pemerintah kota setempat dikabarkan telah mengizinkan kehadiran penonton setidaknya 25% dari kapasitas normal stadion. Atas kebijakan ini, pihak UEFA telah menetapkan Roma sebagai salah satu kota penyelenggara yang mengizinkan kehadiran para penonton. Terkait hal ini, para penggemar yang telah memiliki tiket pertandingan di Roma harus menaati seluruh kebijakan pengendalian perjalanan yang berlaku. Tidak akan ada pengecualian yang diberikan dan tidak ada penonton dari luar kota yang diizinkan. Hal ini sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintha setempat.

Selain Euro 2020 di Roma, Kota Apa Saja yang Belum Memberi Kepastian?

Berdasarkan info yang diperoleh W88, terdapat 3 kota yang maish memberikan kepastian. Ketiganya adalah Munich, Dublin, dan Bilbao. Pemerintah Irlandia sendiri hingga saat ini masih belum bisa memberikan kepastian akan kehadiran para penonton. Sementara pihak Asosiasi Sepakbola Spanyol masih beranggapan bahwa sangat tidak mungkin untuk menghelat pertandingan di Bilbao. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan pelarangan perjalanan yang diterapkan pemerintah kota setempat.

Kapan Keputusan Akan Dikeluarkan UEFA?

Terhadap kota-kota yang masih belum memberikan kepastian hingga 19 April 2021 nanti, di malam sebelum Kongres UEFA, pihak asosiasi masih akan menantikan kepastian. Kota-kota tersebut diharapkan setidaknya mampu memberikan izin atas hadirnya penonton sebanyak 25% dari kapasitas normal stadion. Apabila hal ini tidak bisa diterapkan, maka ada kemungkinan pihak UEFA akan mempertimbangkan opsi-opsi lain.

Inggris, misalnya, dapat menjadi penyelenggara alternatif menggantikan Dublin yang seharusnya menyelenggarakan 4 laga. Sementara kota lain di Spanyol bisa saja ditunjuk untuk menggantikan Bilbao.

Sejauh ini sendiri, Budapest menjadi satu-satunya kota penyelenggara yang mengizinkan penonton sebanyak 100% dari kapasitas normal stadion. Sementara Saint Petersburg dan Baku mengizinkan hanya separuh kapasitas normal. Ketiga kota tersebut juga mengizinkan hadirnya penonton dari luar kota.

Gabung di W88 Sekarang