Lompat ke konten
Home » Pemain Timnas Euro 2020 Diizinkan Mencapai 26 Orang

Pemain Timnas Euro 2020 Diizinkan Mencapai 26 Orang

  • oleh
pemain timnas euro 2020 W88

UEFA telah memutuskan bahwa pemain timnas Euro 2020 dapat mencapai 26 orang pemain. Hal ini berlaku untuk setiap tim nasional dari masing-masing negara. Jumlah ini mengalami peningkatkan sebanyak 3 orang pemain. Terakhir kali, pada Liga Championship, lembaga yang sama hanya mengizinkan sebanyak 23 orang pemain untuk setiap tim.

Gabung di W88 Sekarang

Perubahan Pemain Timnas Euro 2020 Tahun Ini

UEFA, induk olahraga sepakbola di tanah Eropa, baru-baru ini mengeluarkan kebijakan yang cukup mengejutkan. Jika sebelumnya UEFA hanya mengizinkan setiap pemain untuk mengirimkan 23 orang pemain, kali ini berbeda. Untuk menyambut perhelatan Euro 2020 kali ini, lembaga ini memberikan kelonggaran khusus.

Melalui kebijakan ini, setiap tim nasional yang berpartisipasi diizinkan untuk mengirimkan hingga 26 orang pemain. Kebijakan ini ditempuh sebagai salahs atu langkah penyelamatan terhadap tim nasional. Hal ini karena tidak sedikit tim nasional yang mengalami kesulitan terkait kondisi pandemi yang tengah mewabah seperti sekarang ini. Dengan adanya kebijakan pemain timnas Euro 2020 ini, diharapkan setiap timnas mampu tampil dengan lebih optimal pada perhelatan akbar ini.

Keputusan UEFA Terkait Pemain Timnas Euro 2020

Menurut catatan W88, keputusan ini baru diambil oleh UEFA pada hari Senin waktu setempat. Komite tim nasional badan tersebut mengeluarkan kebijakan ini untuk mendorong penyehatan kondisi masing-masing tim nasional. Meski demikian, menurut aturan yang ada, hal ini tidak bisa serta merta diterapkan begitu saja.

Setiap tim nasional dari masing-masing negara partisipan diperlukan untuk melakukan ratifikasi atas kebijakan ini. Meski demikian, mengingat kebijakan seperti ini pada intinya memberikan kemudahan bagi tim, kecil kemungkinan akan terdapat penolakan terhadap kebijakan ini. Terlebih kebijakan seperti ini diharapkan mampu mengantisipasi apabila terdapat pemain yang terinfeksi Covid-19 setelah tiba di tempat perhelatan pertandingan. Dengan cara ini, diharapkan pelatih dapat memitigasi risiko seperti ini.

Sementara dari pihak internal UEFA sendiri, kebijakan ini harus melalui proses ratifikasi oleh pihak komite eksekutif. Komite ini sendiri dijadwalkan akan bertemu pada minggu ini dengan salah satu agendanya adalah meratifikasi kebijakan ini. Di samping itu, pihak UEFA sendiri sudah memastikan bahwa setiap tim juga dimungkinkan untuk melakukan pergantian pemain timnas Euro 2020 sebanyak 5 kali di setiap pertandingan.

Sekilas Euro 2020

Turnamen Euro 2020 sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada musim panas tahun ini. Laga pertama antara Turki dan Italia dijadwalkan akan berlangsung pada 11 Juni 2021 mendatang di Stadion Wembley, Inggris. Sebelum laga perdana ini dilaksanakan, pihak UEFA berencana mewajibkan tim nasional masing-masing negara untuk mengirimkan daftar pemain paling lama tanggal 1 Juni 2021 mendatang.

Salah satu timnas partisipan, Inggris, melalui pelatihnya Gareth Southgate sendiri cukup mengapresiasi kebijakan ini. Sang pelatih dijadwalkan akan mengeluarkan pengumuman resmi terkait punggawa skuadnya pada akhir bulan Mei mendatang.

Sementara itu, Steve Clarke, pelatih dari timnas Skotlandia, kemungkinan akan melakukan hal yang sama lebih cepat di pertengahan Mei mendatang. Meski demikian, susunan lengkap pemain asuhannya tersebut baru akan dilakukan pada akhir bulan Mei mendatang.

Adapun tim nasional Wales, di bawah asuhan Robert Page, maish memiliki banyak tugas jelang disahkannya keputusan ini. Terlebih hal ini tejradi di bawah Robert Page yang baru saja ditunjuk sebagia pelatih tim nasional negara tersebut.