Lompat ke konten
Home » Masa Depan Ralph Hasenhuttl sebagai Pelatih Southampton

Masa Depan Ralph Hasenhuttl sebagai Pelatih Southampton

  • oleh
W88 Ralph Hasenhuttl

Sebuah laporan dari media olahraga asal Inggris menyampaikan kabar yang cukup mengejutkan tentang Ralph Hasenhuttl. Sang pelatih Southampton tersebut dikabarkan tak akan lama lagi menjalani perannya sebagia pelatih.

Gabung di W88 Sekarang

Ralph Hasenhuttl, Sempat Menjadi Sosok yang Diandalkan

Ralph Hasenhuttl mengawali kiprahnya sebagai pelatih the Saints pada Desember tahun 2018 silam. Kala itu, sang pelatih berkebangsan Austria tersebut bergabung di kursi pelatih kala Southampton tengah terpuruk di zona degradasi. Menurut penurutan W88 Indonesia, meski pihak klub tampaknya telah mengerahkan segala daya upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, namun tampaknya upaya-upaya tersebut belum berbuah.

Kabar baiknya, setelah sang pelatih bergabung, perlahan-lahan Southampton mampu bergerak  ke peringkat 16 klasemen kala itu. Hasil ini sukses diperoleh berkat akumulasi 39 poin yang mereka dapatkan pada musim tersebut. Meski masih sangat jauh jika dibandingkan dengan tim-tim kasta atas, hal ini sebenarnya sudah menunjukkan perkembangan positif yang signifikan di tubuh Southampton.

Ralph Hasenhuttl sukses mengantarkan Southampton mencapai hasil yang lebih baik pada musim berikutnya. Kala itu, mereka berhasil mencatatkan 15 kali menang dan mengumpulkan 51 poin. Perolehan ini pun sukses mengantarkan mereka ke peringkat 11 klasemen.

Sayangnya, hasil tersebut tampaknya mengalami penurunan cukup mendalam pada musim lalu. Southampton kembali turun ke peringkat 15 klasemen Liga Primer Inggris.

Perjalanan Berat bagi Southampton

Sejak musim Liga Primer Inggris, Southampton memang diketahui tengah melalui perjalanan berat. Bahkan kehadiran sang pelatih, Ralph Hasenhuttl, juga tampaknya tidak bisa berdsampak banyak. Di sisi lain, hal ini bisa jadi karena mereka langsung dihadapkan dengan klub-klub besar sejak awal laga. Tercatat apda 5 laga perdana mereka, Southampton harus langsung berhadapan dengan duo klub asal Manchester hingga Chelsea,

Mungkin satu-satunya kabar baik adalah keberhasilan mereka dalam mencuri poin kala berhadapan dengan Manchester City maupun United. Namun, hasil ini masih jauh dari cukup. Bahkan, sejauh ini mereka tercatat belum pernah sekalipun memenangkan laga di perhelatan Liga Primer Inggris musim 2021/22. Tentu, kondisi ini cukup serius. Jika tidak disertai dengan perbaikan signifikan, Southampton bisa saja berakhir di posisi yang sama seperti Norwich, yang tampaknya semakin mustahil untuk bisa lepas dari zona degradasi.

Mungkinkah Ralph Hasenhuttl Diberhentikan?

Hasil yang buruk sejauh ini menjadi pendorong bagi pihak tim untuk mempertimbangkan nasib Ralph Hasenhuttl. Namun, beberapa laga mendatang setidaknya akan berjalan dengan relatif lebih mudah. Southampton hanya akan dihadapkan dengan Watford dan Burnley. Kedunya tentu masih jauh lebih terjangkau untuk dihadapi jika dibandingkan dengan 3 nama sebelumnya.

Meski demikian, tanpa adanya gambaran akan peningkatkan kemampuan klub, kemenangan masih belum bisa dipastikan untuk pihak Southampton. Terkait hal ini, salah satu sumber bahkan sempat mengindikasikan bahwa para pemain Southampton sendiri sudah menyadari hal ini. Bahkan, sempat beredar kabar bahwa Ralph Hasenhuttl akan segera hengkang dari perannya saat ini paling lama beberapa pekan mendatang.

Sumber yang sama mengatakan bahwa hal ini seolah sudah menjadi rahasia umum ketika para pemain berada di ruang ganti. Para pemain seolah memiliki intuisi bawha sang mantan pelatih RB Leipzig tersebut tak lagi akan bersama mereka dalam jangka waktu panjang. Sayangnya, hal ini masih belum bisa dipastikan, termasuk sosok yang kemungkinan tengah dilirik untuk menempati posisinya kelak.