Lompat ke konten
Home » Irlandia Euro 2020: Sinyal Negatif Kehadiran Penonton

Irlandia Euro 2020: Sinyal Negatif Kehadiran Penonton

  • oleh
Irlandia Euro 2020 W88

Pemerintah Irlandia tidak berharap bisa memenuhi permintaan UEFA untuk mengizinkan setidaknya 25% kapasitas stadion untuk menampung para penonton. Deputi perdana menteri Irlandia, Leo Varadkar mengatakan hal ini sambil menyatakan bahwa memastikan hal ini terselenggara di bulan Juni dan menerima penonton untuk ajang Irlandia Euro 2020 adalah sesuatu yang terlalu dini untuk bisa diputuskan.

Adapun kejuaraan sepakbola ini sebenarnya sudah mengalami penundaan selama kurang lebih 1 tahun terakhir. Kondisi yang dipaksa akibat pandemi ini akan kembali dilanjutkan pada tahun ini. Tanggal 11 Juni 2021 pun dipilih sebagia awal mula perhelatan kembali kompetisi ini untuk kali pertama.

UEFA di Balik Irlandia Euro 2020

UEFA sendiri direncanakan akan mengambil keputusan terkait kota tuan rumah penyelenggara pada hari Jumat waktu setempat. Meski demikian sejauh ini dipastikan belum ada informasi lebih lanjut dari kota – kota penyelenggara terkait. Ketiga kota yang hingga kini belum memberikan kepastian adalah Munich dari Jerman, Bilbao dari Spanyol, dan Dublin dari Republik Irlandia. Kepastian yang dimaksud mencakup jumlah penonton yang diizinkan untuk menyaksikan setiap pertandingan pada kota-kota tersebut.

Varadkar juga mengatakan bahwa hal semacam ini terjadi karena pihaknya masih bersikap hati-hati terhadap kondisi yang tengah terjdai saat ini. Bagi pemerintah setempat, penyelenggaraan di bulan Juni mendatang masih terlalu dini. Apabila pihak UEFA tetap bersikeras untuk memaksakan permohonan terkait 25% kapasitas stadion untuk menampung para penonotn, pihaknya bahkan mengatakan sulit bagi mereka untuk mengabulkannya. Hal ini memang sangat disayangkan tapi sejauh ini masih belum ada perkembangan dari pihak pemeirntah Dublin maupun Republik Irlandia secara umum.

Kondisi Irlandia di Balik Keputusan Penonton Irlandia Euro 2020

Berdasarkan pengamatan W88 Indo, hingga saat ini Irlandia tercatat sebagai salah satu negara di kawasan Eropa yang mencatatkan tingkat infeksi Covid-19 yang cukup rendah. Pihak pemerintah setempat bahkan direncanakan untuk membuka beberapa sektor secara bertahap. Meski demikian, sebagian besar kawasan pertokoan dijadwalkan masih akan tutup setidaknya hingga bulan mei mendatang. Sementara hotel kemungkinan akan dibuka pada bulan Juni mendatang.

Adapun Irlandia gagal melewati tahap kualifikasi Euro 2020. Meski demikian, Irlandia melalui kota Dublin dijadwalkan akan menyelenggarakafn 3 laga kualifikasi grup E. Laga tersebut akan mempertemukan Polandia, Slovakia, dan Swedia. Pertandingannya sendiri direncanakan akan diselenggarakan di Stadium Aviva di Dublin sejak tanggal 14 Juni mendatang. Lag akemudian akan dilanjutkan dengan laga babak 16 besar pada tanggal 29 Juni 2021 mendatang.

Ditunda hingga hari Jumat

Adapun keputusan terkait Irlandia Euro 2020 sebagai tuan rumah penyelenggara dan kota-kota penyelenggara lainnya ditunda hingga hari Jumat waktu setempat. Adapun 9 dari 12 kota tuan rumah penyelenggara telah memberikan jaminan terkait penonton. Kota-kota tersebut telah memastikan bahwa akan menerima para penonton untuk menyaksikan laga Euro 2020. Stadion Wembley di Inggris, misalnya, memastikan akan menerima sekitar 25% kapasitas normal stadion. Angka ini setara dengan sekitar 22.500 penonton. Jumlah ini akan diizinkan untuk menyaksikan 3 laga penyisihan grup serta babak 16 besar yang akan diselenggarakan di stadion tersebut.

Pihak pemerintah setempat bahkan berharap bisa meningkatkan jumlah penonton tersebut untuk laga semifinal maupun final. Stadion Hampden Park juga termasuk yang akan mengizinkan penonton hingga 25% kapasitas stadion. Jumlah ini setara dengan sekitar 13.000 penonton untuk 4 laga yang dijadwalkan berlangsung di tempat tersebut.

Meski demikian, UEFA baru dijadwalkan akan membuat keputusan terkait 3 kota sisanya pada hari Jumat ini waktu setempat. Nasib ketiganya perihal akan tetap menyelenggarakan pertandingan akan ditentukan dalam waktu dekat ini. Bilbao dan Dublin masing-masing direncanakan akan menyelenggarakan 3 laga penyisihan grup serta 1 laga babak 16 besar. Sementara Allianz Arena milik Bayern Munich direncanakan akan menyelenggarakan 3 laga penyisihan grup dan 1 laga perempat final.

Gabung di W88 Sekarang